Pengalaman punya 2 baby…

Alhamdulillah sekarang sudah ada dua baby yang lucu2…

Yeah… tepuk tangan. Bertambahlah kebahagiaan kami. Dan juga tanggung jawab kami tentunya.

Banyak yang bilang bahwa 2 baby adik kakak ini mirip.. namanya juga saudara kandung ya.. ^_^

Walaupun aku sama suami ga se excited anak pertama sih. hehe. Mungkin karena jarak mereka berdekatan. Beda 18 bulan… Tapi ternyata seru juga sih punya 2 baby.

Anak kedua ini aku terpaksa melahirkan dengan operasi caesar. Aku sempet kaget dan pengen nangis. hihi. baperan banget sih… Eh tapi ywdahlah, udah qodar.

Ternyata lahiran caesar itu Ga Enak… Menurutku sangat lebih enak lahiran normal. Walaupun normal ngerasain sakit mulesnya itu dan mesti ngeden sekuat2nya. Tapi lebih berasa lahiran. Sedangkan caesar, ga enak banget ada di meja operasi. Sebelum operasi dipasang alat untuk kencing. Itu sakit banget. Waktu operasi ga tau kenapa rasanya nano nano deh. Udah cukup ga usah diceritain detailnya deh ya… Nanti jadi baper… hehe…

Setelahnya aku pulang ke rumah orangtua, lalu pindah ke mertua. Pindah lagi ke orangtua. Dan akhirnya pulang ke rumah sendiri, setelah sebulanan dan bener2 pulih.

Sebelum pulang ke rumah sendiri, aku sempet parno. Gimana ya rasanya ngurus 2 baby dengan keadaan luka bekas operasi yg masih ngilu2. Karena waktu di rumah ortu banyak yg bantuin.

Dan akhirnya tiba di rumah. Dengan keadaan yang sangat tenang. Si dede Varisha, tidur dengan tenang. Kakak Ahnaf juga ga rewel dan asyik dengan mainannya. Runtuhlah segala keparnoanku hari itu. Padahal biasanya kakak ahnaf rewel banget minta diperhatiin terus. Akhirnya sekarang mulai bisa mandiri. Alhamdulillah…

Hari-hari selanjutnya, aku udah bisa ngapa2in. Nyapu, ngepel, nyuci, nyetrika, beres2 rumah. Dan segala macam pekerjaan ibu rumah tangga. Termasuk masak….

Seneng banget bisa ngerjain segalanya sendiri. Entah kenapa setelah punya anak kedua ini aku jadi begitu kuat. Kuat begadang, kuat ngerjain semua sendiri. Tapi ga luput juga dari bantuan suami yang suka ngajak main anak, kadang nyuapin, kadang juga bantuin nyuci. Alhamdulillah punya suami yang pengerian dan perhatian sama anak istri…

Beda waktu punya anak pertama… Aku ngerasain yg namanya baby blues. Penjelasan tentang baby blues ini nanti pengen aku bahas siih. Bawaannya manja banget sama suami, takut begini, takut begitu, ga mau yg namanya ditinggal suami, pokoknya bawaannya blues banget alias baper. Dikit2 nangis. Karena emang anak pertama lumayan rewel banget. Dan nyusunya kuat banget. Akibatnya aku sering begadang.

Manage Waktu

Iya manage waktu itu penting banget. Setelah jadi ibu udah ga bisa yang namanya santai2 lagi alias me time kalo pagi. Semua harus serba cepet. Bangun tidur, sholat subuh, beres2, nyapu ngepel, belanja. Masak kalo bisa udah selesai waktu pagi. jadi malemnya udah nyiapin. iya kaya dikejar deadline gitu ya. Setelah anak bangun barulah ngurus mereka. Mandiin ade kakak, nyusuin dede, nyuapin makan kakak, jemur, jalan2 keliling kompleks, ngajak main. Abiz itu main dirumah sambil nyusuin si dedek. Dede tidur dan main sama kakak. Kadang masih aku sambi nyuci, dan beres2 yg blm selesai.

Siangnya kakak tidur. Kadang aku juga ikutan tidur karena kecapean. kadang juga setrika. Alhamdulillahnya si dede anteng banget. Jarang banget nangis, kecuali minta nenen atau kalo digangguin kakaknya. Bangun sore, giliran daddynya yg ngajak main si kakak.

Melatih Kesabaran

Keliatannya sesimple itu ya. hihi… Yang bikin melatih kesabaran itu adalah tingkahnya si kakak yg suka berantakin rumah. hehe. Kadang suka mindah2in baju di lemari di taruh di tempat cucian. haduh… Pantesan cucian jadi banyak… Baju suci jadi najis. hiks…

Dan mainan kakak yg beretebaran kemana2. Padahal kan udah dibeliin mahal2. Apalagi Busy book atau bag gitu2 deh. Secara mainannya kecil2 jadi ditaruh dimana. Dan kakaknya suka pindah2 mainnya. Atau ngeberantakin makanan atau minuman..

Atau si kakak yg suka gangguin dede. Kalo lg nyusuin si dede kakak suka cemburu. Atau kalo dilarang2, ngambeknya ke dede nya. Kadang dua2nya nangis. Eh tapi Alhamdulillahnya sih saya ga ikutan nangis. hahaha…

Tapi kadang nangisnya pas bapaknya dateng. Hihi. maaf ya mas. Dan si mas langsung meluk, karena ngerti keadaan riweuhnya dirumah. beliin makanan atau apapun deh.. Ibu jadi senang… ^_^

Sejauh ini aku masih ngerasa kuat. Dan menikmati tingkahnya anak2.hehe. Meskipun kadang pengen banget punya kegiatan di luar… Kata si mas, ditahan dulu ya dek demi masa depan anak2. Oke mas, asal titik2… hehe. Iya kadang si ibu ini emang butuh hiburan dan liburan. Si mas alhamdulillah ngertiin banget deh.

Berbagi Tempat Tidur

Dan setelah punya dua baby. Kami harus berbagi tempat tidur berempat. Saya dipojok, si mas di pojok juga. Dan anak2 kami di tengah. Sebenernya si mas nyuruh dede tidur di box bayi. Tapi saya koq ga tega ya. Nanti takut ga ketauan nangisnya. Sayanya juga males mesti bangun2 tengah malem kalo dede nangis.

Tapi ternyata si mas komplain. “Dek, koq kita ga pernah tidur deketan lagi sih.”

Eh iya juga yah. Haha… Baru ngeh ternyata si mas juga pengen dimanja n diperhatiin sama istrinya. haha… Lngsung deh ngerasa bersalah, karena udah sibuk sama urusan baby. Jadi nanti dipikir2 lagi sarannya si mas. Dan pengen lebih perhatian lagi juga sama bapaknya. Semoga Allah menguatkanku untuk bisa menjadi istri dan ibu yang baik untuk suami dan anak2ku…

Aamiin

One thought on “Pengalaman punya 2 baby…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s