Be a Wife (part 2)

Ini lanjutan dari posting sebelumnya. Masih seputar tentang istri ya. Begitu tahu tugas dan kewajiban seorang istri ya lumayan susah susah gampang. Jadi inget mama. Ya mama yang berperan menjadi seorang istri. Ternyata tidaklah mudah menjadi seorang istri dan juga ibu. Eits, tunggu dulu. Bukannya saya merasa kapok menjadi seorang istri. Justru inilah suatu kebanggaan untuk saya. Saya bisa memainkan banyak peran di dalamnya. Saya merasa mampu menjalani kewajiban saya sebagai seorang istri. Seorang istri yang sholehah, insyaAllah.

Dan ternyata ga sesusah yang dibayangkan. Karena saya memiliki seorang suami yang begitu pengertian dan memahami saya. Seorang suami yang bisa membimbing dan mengajari saya tentang berbagai hal. Suami yang sekaligus menjadi motivator dalam hidup saya. Suami yang berusaha untuk menjaga keharmonisan dan menjadikan surga di dalam rumah kami. Alhamdulillah ya Allah…

Jadi walaupun sesibuk apapun kerjaan rumah, suami tetap setia mendampingi dan membantu. Dianter kemana-mana lagi. Karena selain punya kewajiban seorang istri juga punya hak lho. Dan sebagai seorang istri berusaha melakukan kewajiban sebaik mungkin. Apalagi pahala yang didapat itu sangatlah besar.

Abu Nu’aim meriwayatkan bahwa Rosulullah saw. Bersabda :

“ Ketika seorang wanita menunaikan sholat 5 waktu, berpuasa pada bulan Ramadhan, menjaga kehormatannya dan mematuhi suaminya, maka dia akan masuk surga dengan beberapa pintu yang dia inginkan”.

Berikut beberapa kewajiban seorang istri dalam sebuah rumah tangga adalah :

  1. Taat kepada suami dalam hal serta perkara bukan dalam rangka maksiat kepada Allah. Taat ini karena seorang suami adalah pemimpin dalam rumah tangga. Dan ketaatan ini lebih didahulukan daripada melakukan ibadah sunnah. Rasulullah bersabda :”Tidak boleh seorang wanita puasa (sunnah) sementara suaminya ada di tempat kecuali setelah mendapatkan izin suaminya.”(HR. Al-Bukhari no. 5195 dan Muslim no. 1026). Kewajiban dalam menaati suami ini dalam perkara yang ia perintahkan sebatas kemampuan seorang istri , karena hal ini juga merupakan keutamaan seorang lelaki terhadap kaum wanita.
  2. Mengerjakan pekerjaan rumah sebagai seorang ibu rumah tangga seperti halnya memasak, mencuci, membersihkan rumah dan sebagainya. Seorang istri sudah semestinya melakukan pekerjaan rumah tangga seperti di atas dengan penuh kerelaan dan kelapangan hati dan kesadaran bahwa hal itu merupakan salah satu ibadah kepada Allah.
  3. Menjaga harta suami. Dalam hal menjaga harta suami ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :”Sebaik-baik wanita penunggang unta, wanita Quraisy yang baik, adalah yang sangat penyayang terhadap anaknya ketika kecilnya dan sangat menjaga suami dalam apa yang ada di tangannya.” (HR. Al-Bukhari no. 5082 dan Muslim no. 2527)
  4. Menjaga rahasia suami dan juga kehormatannya sehingga hal tersebut akan menumbuhkan kepercayaan sang suami secara penuh terhadapnya.
  5. Bergaul dengan suami dengan cara yang baik. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara membuatnya ridha ketika suami marah, menunjukkan rasa cinta dan sayang kepadanya dan juga penghargaan, mengucapkan kata-kata yang baik dan wajah yang selalu penuh senyuman, dan memaafkan kesalahan suami bila ia bersalah.Hal yang tidak kalah penting adalah dalam hal memperhatikan makanan,minuman, serta pakaian dari suami.
  6. Mengatur waktu dengan sebaik mungkin. Sehingga dengan mengatur waktu ini semua pekerjaan terselesaikan pada waktunya, menjaga kebersihan dan juga keteraturan didalam rumah sehingga selalu tampak rapi dan juga bersih hingga hal tersebut menimbulkan sesuatu yang menyenangkan pandangan bagi sang suami dan membuat buah hati menjadi betah di dalam rumah.
  7. Bersikap dan berkata jujur terhadap suami dalam segala sesuatu. Khususnya ketika ada sesuatu yang terjadi sementara suami tidak berada dalam rumah. Jauhi sifat dusta karena hal ini akan menghilangkan kepercayaan suami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s