Terus Berkarya

Apakah yang membuat anda menyerah dan berhenti dalam berusaha? Apakah ketika anda kalah dan menemukan kegagalan lalu anda ingin menyerah dan mengaku kalah? Stop!!! Jangan pernah berpikir anda gagal. Karena anda baru dikatakan gagal ketika anda berhenti dan menyerah. Jadi jangan pernah berhenti.

Bukan karena berhenti akan menghambat laju kemajuan anda. Namun sesungguhnya alam mengajarkan bahwa anda tak akan pernah bisa berhenti. Meski anda berdiam diri di situ, bumi tetap mengajak anda mengelilingi matahari. Maka, bergeraklah, bekerjalah, berkaryalah. Bekerja bukan sekedar untuk meraih sesuatu. Bekerja memberi kebahagiaan diri. Itulah yang diharapkan oleh alam dari anda.

Air yang tak bergerak lebih cepat busuk. Kunci yang tak pernah dibuka lebih mudah serat. Mesin yang tak dinyalakan lebih gampang berkarat. Hanya perkakas yang tak digunakanlah yang disimpan dalam laci berdebu. Alam telah mengajarkan ini; Jangan berhenti berkarya, atau anda segera menjadi tua dan tak berguna.

Berhenti berarti mati. Maka teruslah bergerak. Dan ketika anda ingin meraih sesuatu, maka dibutuhkan ketekunan. Suatu ketekunan yang dibarengi dengan kerja keras dan berdoa. Bukan berarti jika anda gagal dalam suatu perkara, maka anda dikatakan kalah. Tidak, karena justru dari kegagalan dapat  menjadi pembelajaran dan batu loncatan anda untuk melambung tinggi. Hidup adalah perjuangan.

“Bukanlah suatu aib jika kamu gagal dalam suatu usaha, yang merupakan aib adalah jika kamu tidak bangkit dari kegagalan itu.” (Ali Bin Abu Thalib)

Ingatkah perjuangan Nabi Muhammad yang tidak pernah menyerah dan selalu memperjuangkan agamanya. Untuk mengubah dunia dari kegelapan menuju dunia yang terang benderang seperti sekarang ini. Dibutuhkan perjuangan yang begitu keras untuk mengubah dunia. Dan beliau berjuang seumur hidupnya sampai akhir hayatnya untuk menyampaikan wahyu berupa Al-Quran kepada umatnya.

Dan tahukah ilmuwan-ilmuwan yang kita kenal. Thomas Alfa Edison yang tidak mengenal kata gagal dalam penelitiannya untuk menghasilkan listrik. Bahkan sampai 999 kali ia terus mencoba.

Maka teruslah bergerak, bekerja, dan berkarya!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s