Berbicara yang baik

Suatu saat kita pasti akan menemukan suatu hal kurang kita sukai. Semua orang memang bebas berpendapat, semua orang bebas melakukan apapun yang dikehendakinya. Akan tetapi tentunya harus sesuai dengan syariat islam.

Terkadang ada suatu hal yang memicu emosi kita. Sehingga kita menjadi berkata yang tidak baik. Atau ada suatu hal yang membuat kita ingin mengingatkan seseorang. Tentunya caranya adalah dengan cara dan perkataan yang baik. Tapi terkadang ada cara yang tidak baik, seperti misalnya agak kasar. Tapi sebenarnya isinya adalah baik.

Mungkin disini yang ingin saya bicarakan adalah cara mengingatkan atau menasehati seseorang. Yang tentunya saya juga tidak hanya berpendapat sendiri. Tapi saya ambil dari berbagai sumber. Seringkali ada sesuatu yang salah yang ingin kita benarkan, tentunya dengan cara memberi masukan dan nasehat. Tapi bagaimanakah agar caranya tidak menyinggung dan menyakiti perasaan seseorang? Dan tentunya juga kita jangan merasa yang paling benar. Karena selain kita melihat dari sudut pandang kita. Kita juga harus melihat dari sudut pandang orang yang bersangkutan. Dan tentunya dari sudut pandang hukum yang berlaku.

Pernah seketika, saya melihat perbuatan teman atau saudara saya. Yang rasanya saya ingin marah, tapi bukankah sebaiknya saya tanyakan dulu ada apa sebenarnya. Dan setelah kita benar-benar tahu masalahnya barulah kita memberikan nasehat. Jangan sampai karena kita memberi nasehat, kita malah jadi dibenci dan disalahpahami. Serta jadi dijauhi dan dimusuhi. Ini menyebabkan putusnya tali silaturahim.

Betapa indahnya persahabatan ini bila kita bisa saling mengingatkan. Kita ini adalah makhluk yang sangat selalu melakukan kesalahan-kesalahan dan dosa-dosa. Boleh dikatakan hampir setiap saat kita melakukan kesalahan dan dosa. Baik kita sadari atau pun tidak kita sadari. Baik dosa besar mau pun dosa kecil. Baik itu kesalahan yang dilakukan terhadap diri sendiri mau pun yang dilakukan terhadap orang lain.

Tidak ada salahnya jika kita coba untuk saling mengingatkan. Agar kita bisa saling menjaga, dan membuktikan rasa sayang itu dengan mengingatkan untuk tidak melakukan kesalahan dan dosa-dosa. Namun perlu kita ketahui bahwa tidak semua orang bisa menerima jika kita ingatkan, atau pun kita tegur saat melakukan kesalahan. Kita harus memiliki cara yang paling baik. Untuk melakukan suatu kebaikan, kita tidak hanya harus memiliki niat yang ikhlas. Namun kita juga harus memiliki cara yang baik dan benar. Misalnya disaat kita ingin bersedekah. Niat kita sudah ikhlas. Namun kita tidak tahu cara yang baik. Sehingga orang yang kita berikan sedekah tadi merasa tersinggung dan merasa dihina. Sebab kita memberikan sedekah kita dengan cara melemparkannya. Begitu juga saat kita ingin mengingatkan sahabat kita. Pilihlah cara yang terbaik dan paling lembut.yang tidak membuat sahabat kita merasa digurui atau merasa direndahkan atau punmerasa dipersalahkan. Kita tentu mampu mengingatkannya dengan penuh kasih sayang. Jangan katakana bahwa dia telah melakukan kesalahan, tapi hanya melakukan sebuah kekhilafan. Dan pilihlah bahasa yang paling lembut dan halus, serta sampaikanlah dengan nada yang lembut pula. Mintalah agar sahabat kita juga sudi untuk mengingatkan kita dari berbuat kekhilafan. Tentunya kita tidak ingin menjadi orang yang merugi seperti yang dikatakan dalam surat al ashr.******

Dan yang paling penting, kita juga harus mau menerima teguran atau kritikan dari sahabat kita. Walau pun mungkin ia menggunakan cara yang kurang tepat dan menyakitkan hati kita. Mungkin ia menegur kita dengan kata-kata yang kasar. Tapi percayalah, jika kita mau menerimanya dan berusaha untuk memperbaiki diri, itu akan membawa kebaikan pada diri kita. Yang penting untuk kita ingat ialah bahwa ia melakukan itu karena ia tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi atas diri kita. Karena ia menyayangi kita. Saudara anda juga tidak ingin dia berada dalam lembah dosa yang sangat gelap dan kotor.

One thought on “Berbicara yang baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s