Tips Menghadapi UN

Sedikit sharing tentang pengalaman saya saat menghadapi Ujian Nasional. Sebenarnya ini yang ingin saya terapkan pada adik saya yang sebentar lagi akan menghadapi UN. Berharap bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi entah apakah setiap orang memiliki cara belajar yang sama atau tidak.

Ujian Nasional terkadang menjadi suatu momok yang menakutkan untuk para siswa. Tapi sebenarnya jadikanlah suatu ujian menjadi suatu yang menyenangkan. Seperti layaknya kita sedang bermain games. Atau melakukan hobi yang kita sukai. Ini lebih ke masalah mental siswa. Intinya berpikirlah positif bahwa ujian itu mudah dan menyenangkan. Yang jelas hindarilah pikiran-pikiran negatif. Yakinlah bahwa kamu adalah seorang anak yang pintar dan mampu memecahkan soal-soal. Ini langkah yang pertama.

Selain itu perlunya kondisi yang kondusif di rumah serta dorongan dan motivasi dari keluarga merupakan point terpenting untuk memberi semangat sang anak. Tapi yang terpenting adalah seringnya memotivasi diri. Yaitu dengan cara memikirkan visi dan misi apa yang ingin kamu raih di masa depan. Kalau visi saya waktu itu adalah membahagiakan keluarga. Menjadi orang yang sukses. Ini langkah yang kedua.

Tetapkan target apa saja yang ingin kamu raih. Kamu harus memiliki target nilai yang ingin kamu peroleh. Jika kamu ingin mendapat nilai 100, maka jadikan usahamu sebanding dengan targetmu. Ini juga suatu bentuk cara untuk memotivasi diri. Langkah ketiga.

Nah, kebetulan waktu itu semua teman-teman saya rajin mengeluarkan uang untuk bimbingan belajar. Ini hal yang saya sedikit manfaatkan. hoho. Karena saya merasa tidak ingin merepotkan orangtua untuk mengeluarkan biaya yang cukup besar. Maka caranya adalah saya selalu diajak mereka untuk membahas soal dari bimbingan belajar mereka. Jadi rajin-rajinlah mengumpulkan soal-soal untuk dipelajari. Darimanapun dan dari siapapun selama itu bisa kita pelajari. Ini langkah yang keempat.

Karena dulu saya merupakan juara kelas (sombong ceritanya :p). Jadi saya sering diajak teman-teman saya untuk belajar bersama. Belajar kelompok, kapanpun dan dimanapun. Yaitu dengan cara membahas soal-soal. Ini langkah yang kelima.

Kalau kamu memiliki kesibukan lain selain sekolah. Maka pintar-pintarlah membagi waktu untuk belajar. Minimal 1,5 sampai 2 jam sehari.  Buat anak-anak sekarang yang makin banyak hiburannya. Seperti hp, fb, games, TV, dan lain-lain. Maka kurangilah hiburan-hiburan yang kurang bermanfaat ini. Kebetulan waktu jaman saya belum begitu trend hp, fb, games, dan lain-lain. Jadi makin sedikit godaannya. Yang jelas efisienkan waktu untuk sekedar membaca atau banyak latihan soal. Ini langkah yang keenam.

Rajin-rajinlah membaca dan sediakan banyak waktu luangmu untuk sekedar membuka buku. Nah, agar tidak lupa catatlah apa yang telah kamu pelajari ke dalam sebuah catatan kecil. Buatlah semenarik mungkin catatan yang kamu buat. Bisa dibuat dengan hiasan-hiasan atau menggunakan pulpen dan pensil berwarna. Hal ini akan menimbulkan semangat saat membacanya kembali. Ini langkah ketujuh dan kedelapan.

Selanjutnya adalah bagaimana cara kamu belajar. Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Termasuk diri saya pribadi merupakan tipe visual dan melakukan secara langsung. Jadi saya sedikit membuat catatan dengan gambar atau ilustrasi yang menarik dan melakukan banyak latihan soal. Mungkin bagi gaya belajar audio, kalian bisa mendengarkan pelajaran dari guru atau kamu memiliki alat perekam yang digunakan untuk belajar. Ada juga yang bertipe suka belajar sambil mendengarkan musik. Tapi yang ini tidak cocok untuk saya. Ini langkah kesembilan.

Hal yang paling utama kamu lakukan adalah mendekatkan diri pada Allah. Banyak-banyak berdoa, meminta hajat pada Allah. Sering sholat malam dan puasa. Seringkali ini suatu cara yang ampuh untuk membuatmu menjadi mudah mengingat sesuatu dan dipermudah saat ujian. Ini langkah kesepuluh.

Sebenarnya masih ada tambahan dari diri saya pribadi. Yaitu tidurlah setelah kamu belajar. Karena memori otakmu akan bekerja selama tidur dengam menyimpan apa yang kamu pelajari ke dalam otak. Jangan sampai kamu begadang sampai pagi. Karena ini akan mempengaruhi kesehatanmu dan kinerja otakmu menjadi tidak maksimal. Dan sebisa mungkin kamu bangun pagi sekali atau kalau perlu bangun di sepertiga malam. Selain untuk sholat malam, waktu malam ini adalah saat yang cocok kamu gunakan untuk belajar dan mengulang kembali apa yang telah kamu pelajari. Saat-saat yang sepi dengan udara yang segar menyebabkan otak menjadi lebih fokus dan fresh untuk belajar. Dan selanjutnya saat menghadapi ujian, JANGAN TEGANG. Bersikaplah setenang mungkin. Kembali pada point pertama, anggaplah soal-soal ujian itu mudah dan menyenangkan. Selamat mencoba….

Semoga sukses saat meraih Ujian Nasional nanti. Dan kalau bisa persiapkanlah sejak dini. Agar tidak menerapkan Sistem Kebut Semalam (SKS)…. ^_^


One thought on “Tips Menghadapi UN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s